Merujuk Batalnya MU ke Indonesia di 2009, Perlu 3-4 Tahun Sampai Klub Eropa Mau Singgah ke Indonesia Usai Tragedi Kanjuruhan

Najmul Ula - Rabu, 2 November 2022 | 06:00 WIB
Ekspresi Sir Alex Ferguson saat memimpin sesi latihan Manchester United.
TWITTER.COM/MIRRORFOOTBALL
Ekspresi Sir Alex Ferguson saat memimpin sesi latihan Manchester United.

BOLANAS.COM - Borussia Dortmund mengikuti jejak Manchester United yang batal ke Indonesia karena tragedi mematikan, klub Eropa untuk sementara waktu menjauh.

Indonesia bukan kali ini "dicampakkan" klub Eropa, seperti yang dilakukan Borussia Dortmund setelah membatalkan kedatangan ke Tanah Air.

Borussia Dortmund memutuskan urung singgah ke Indonesia, meski sudah mengagendakan pertandingan melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Penyebab sikap berbelok Borussia Dortmund tersebut tak lain dan tak bukan adalah Tragedi Kanjuruhan, yang dipicu ketidakprofesionalan menggelar pertandingan Liga 1.

Baca Juga: Jordi Amat Diandalkan JDT di Piala Malaysia, Skenario Terbaik Bertemu Saddil Ramdani di Babak Semifinal

Masa lampau selalu aktual, dan Indonesia punya kenangan serupa untuk mempelajari sulitnya memenangi hati klub Eropa untuk diminta singgah.

Pada 2009, Manchester United yang sedang di puncak performa di tangan Sir Alex Ferguson berencana melakoni laga pramusim di Indonesia.

Persiapan sudah dilakukan dengan maksimal, dan skuat Manchester United sendiri sudah berada di Malaysia.

Sayang, empat hari sebelum kedatangan Wayne Rooney dan kawan-kawan, bom meledak di Hotel Ritz Carlton dan JW Marriot.

Baca Juga: Mahfud MD kepada Iwan Bule: Anda Orangnya FIFA, Tapi Kalau Anda Punya Tanggung Jawab, Mundur!


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

TAG POPULER

Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.