Beda di Korea dan Jepang: Asnawi Punya Kapten yang Sering Ajak Makan Bareng, Arhan Akui Jarang Bersosialisasi

Najmul Ula - Jumat, 11 November 2022 | 17:15 WIB
Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan mencatatkan menit bermain saat Tokyo Verdy melakoni laga ujicoba melawan Toyo University di Verdy Ground, Minggu (31/7/2022).
VERDY.CO.JP
Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan mencatatkan menit bermain saat Tokyo Verdy melakoni laga ujicoba melawan Toyo University di Verdy Ground, Minggu (31/7/2022).

BOLANAS.COM - Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan mendapatkan suasana tim yang berbeda, bek kiri timnas Indonesia lebih "kesepian" di Jepang.

Pratama Arhan mengungkap realitas brutal kompetisi sepak bola Jepang, yang bisa jadi sama beratnya dengan pekerja formal Indonesia di negeri itu.

Pratama Arhan baru saja mengakhiri musim perdana di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy, dengan cuma mengantongi satu penampilan.

Satu-satunya penampilan Pratama Arhan di Tokyo Verdy dilakukan pada laga pekan ke-25 J2 League 2022 melawan Tochigi SC (6/7/2022).

Baca Juga: Selebrasi Tutup Mulut Ronaldo Kwateh, Dia Harus Sadar Baru Cetak 1 Gol dan Performanya Jelas Menurun

Bek kiri kesayangan Shin Tae-yong itu terlihat tak berkecil hati dengan statistik minim itu.

"Itu adalah kenyataan," tutur Arhan dalam jumpa pers yang digelar J League (9/11/2022).

"Saya bersyukur mendapatkan kesempatan bermain di sini, Liga Jepang adalah kompetisi terbaik di Asia," jelasnya.

Satu hal yang mungkin luput dari perhatian, Arhan dalam kesempatan itu mengungkap perjuangan mengatasi kesepian di negeri orang.

Baca Juga: FIFA Minta PSSI Lebih Gercep, Rezim Mochamad Iriawan Bakal Berakhir di KLB 16 Februari 2023


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

TAG POPULER

Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.