Liga 1 Terus Bergumul dengan Problem Wasit, PSSI Dipaksa Terapkan VAR untuk Piala Dunia U-20 2023

Najmul Ula - Senin, 6 Maret 2023 | 12:34 WIB
VFF menggelar kursus kepelatihan wasit untuk penerapan VAR.
VFF
VFF menggelar kursus kepelatihan wasit untuk penerapan VAR.

BOLANAS.COM - PSSI tidak mampu mengadakan VAR di Liga 1, tetapi kini dipaksa IFAB dan FIFA untuk menerapkan teknologi itu di Piala Dunia U-20 2023.

PSSI mau tidak mau harus menerapkan VAR di Piala Dunia U-20 2023, sebuah teknologi "alien" jika melihat problem wasit di Indonesia.

IFAB (International Football Association Board) menyatakan VAR bakal diterapkan di Piala Dunia U-20 2023, Sabtu (4/3/2023).

Dengan kata lain, IFAB memerintakan federasi yang belum mampu mengadakan VAR di kompetisi lokal untuk menyediakan teknologi mahal itu di ajang milik FIFA.

Baca Juga: Gol Menit Akhir Pertanda Mentalitas Juara, PSM Mendekat ke Trofi Liga 1 Seperti Arsenal di Premier League

Di sepanjang Liga 1 2022/23, terdapat segudang problem perwasitan yang nyaris merugikan seluruh klub.

Problem seperti gol onside yang dianulir, gol offside yang disahkan, hingga tekel brutal yang dibiarkan belum sanggup ditangani wasit Indonesia.

Opsi PSSI untuk menambah asisten wasit tambahan di belakang garis gawang juga dinilai tidak menawarkan keadilan lebih baik.

Teranyar, Bernardo Tavares mengkritik kinerja wasit dan para asistennya dalam laga PSM Makassar kontra Persis Solo, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Asnawi Akui Kerap Ambil Risiko dan Rekan Setim Labeli Sembrono, Kartu Merah Bukti Bek Indonesia Belum Belajar


Editor : Najmul Ula
Sumber : Ifab.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

TAG POPULER

Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.