Undian Beruntung Bukan Berarti Grup Enteng, Indonesia Bisa Lihat Nasib Qatar di Piala Dunia 2022

Najmul Ula - Sabtu, 16 September 2023 | 13:45 WIB
Enner Valencia (kanan) mencetak golnya pada partai timnas Qatar vs Ekuador di laga perdana Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022).
KARIM JAAFAR
Enner Valencia (kanan) mencetak golnya pada partai timnas Qatar vs Ekuador di laga perdana Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022).

BOLANAS.COM - Indonesia bisa mengalami nasib serupa Qatar di Piala Dunia 2022, sama-sama mengandalkan pemain dalam negeri dan training camp jangka panjang.

Undian beruntung di Piala Dunia U-17 2023 tidak otomatis membuat timnas U-17 Indonesia menjadi favorit di fase grup.

Timnas U-17 Indonesia baru saja ditempatkan di Grup A Piala Dunia U-17 2023, dengan rival tergolong ringan.

Grup A tidak diisi negara top Eropa atau Amerika Latin, melainkan "hanya" Maroko (ranking 14), Ekuador (40), dan Panama (45).

Baca Juga: Keajaiban Bernardo Tavares, PSM Tetap Menang Meski Seret Keuangan dan 3 Pemain Asing Menghilang

Tak ada dari negara tersebut yang memiliki riwayat mentereng di Piala Dunia, kecuali kejutan Maroko di Piala Dunia 2022.

Negara dengan tradisi menyeramkan di Piala Dunia, seperti Brasil, Inggris, Spanyol, atau Prancis, tak akan dijumpai Garuda di fase grup.

Meski begitu Piala Dunia junior memiliki konstelasi berbeda dibanding senior, dengan negara kecil dapat tampil mengejutkan.

Sebagai contoh, negara seperti Nigeria, Meksiko, hingga Swis dapat menjuarai Piala Dunia U-17 dalam enam edisi sejak 2005.

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-17 2023 - Indonesia Masuk Grup A, Terhindar dari Negara Top Eropa


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.