Proses Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, Dua Langkah Lagi Menuju WNI

Nungki Nugroho - Senin, 30 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Jay Idzes dan Erick Thohir bertemu pada Rabu (6/9/2023) untuk membicarakan naturalisasi agar bisa membela timnas Indonesia.
INSTAGRAM.COM/ERICKTHOHIR
Jay Idzes dan Erick Thohir bertemu pada Rabu (6/9/2023) untuk membicarakan naturalisasi agar bisa membela timnas Indonesia.

BOLANAS.COM - PSSI terus mengejar proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes supaya bisa memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia terus berupaya untuk memperkuat skuadnya dengan menaturalisasi pemain-pemain keturunan yang memiliki kualitas tinggi.

Dua di antaranya adalah Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, yang saat ini bermain di Swansea City (Inggris) dan Venezia FC (Italia).

Keduanya sudah menyatakan minat dan kesediaannya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, proses naturalisasi mereka tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berikut ini adalah tahapan proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, yang terus dikebut oleh PSSI dan Kemenpora agar bisa segera membela Garuda.

Tahap 1: Badan Intelijen Negara (BIN)

Sebelum menjadi WNI, calon pemain naturalisasi harus mendapatkan persetujuan dari Badan Intelijen Negara (BIN). BIN akan melakukan pengecekan latar belakang dan riwayat hidup calon pemain, termasuk aspek keamanan, hukum, sosial, budaya, dan lain-lain.

Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 3-4 bulan. Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sudah melewati tahap ini pada bulan Agustus 2023.

Tahap 2: Sekretariat Negara


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

TAG POPULER

Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.