Pelatih Timnas Malaysia Butuh Keajaiban untuk Temani Shin Tae-yong ke Putaran Ketiga

By Taufik Batubara, Rabu, 27 Maret 2024 | 19:22 WIB
Kim Pan-gon merenung penuh kecewa setelah Timnas Malaysia dihajar Oman 0-2 dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 26 Maret 2024.

BOLANAS.COM - Pelatih Kim Pan-gon terkejut dengan hasil negatif Timnas Malaysia dan bertekad tetap ingin lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendampingi Shin Tae-yong.

Kim Pan-gon dan Shin Tae-yong adalah dua pelatih berteman dari Korea Selatan.

Timnas Malaysia dihajar Oman 2-0 di kandang sendiri, Selasa (26/3/2024) malam.

Hasil buruk itu sama persis dengan pertemuan lima hari sebelumnya di markas Oman.

Dua kekalahan beruntun itu membuat Malaysia terseok di posisi ketiga dengan nilai 6, terpaut 3 poin dari Kirgistan dan Oman.

Bayang-bayang tersingkir dan gagal lolos ke putaran ketiga pun langsung mendekat.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Top Scorer Kualifikasi Piala Dunia, Tapi Shin Tae-yong Lebih Suka Hokky

Pan-gon menuai kritik pedas dari suporter dan media Malaysia.

Strateginya dinilai tak efektif dan bertanding biasa-biasa saja sepanjang pertandingan ketika Oman yang dominan mencetak gol di setiap babak melalui Omer Al Malki (45+5) dan Mohamed Mubarak Al Ghafri (90+4). Tim Negeri Jiran itu coba mengerahkan segala daya-upaya untuk membobol Oman, tetapi tak kunjung bisa menaklukkan kiper Ibrahim Al-Mukhaini yang bertinggi badan 188 cm.

Pan-gon tampak tak senang ketika jurnalis bertanya pada konferensi pers pasca-pertandingan tentang taktiknya mengirimkan bola tinggi ke kotak penalti Oman, yang pada akhirnya terbukti tidak efektif.