Efek Covid-19, Asisten Timnas Indonesia: Pemain dan Pelatih Harus Melek Teknologi

Mukhammad Najmul Ula - Selasa, 2 Juni 2020 | 19:38 WIB
(Ki-Ka) Kurniawan Dwi Julianto, Nova Arianto, dan Indra Sjafri pada laga semifinal SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu 7 Desember 2019.
KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG
(Ki-Ka) Kurniawan Dwi Julianto, Nova Arianto, dan Indra Sjafri pada laga semifinal SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu 7 Desember 2019.

BOLANAS.COM - Asisten pelatih tim nasional Indonesia, Nova Arianto, mengungkapkan pandemi Covid-19 membuat semua pelaku sepak bola diharuskan melek teknologi.

Asisten pelatih tim nasional Indonesia, Nova Arianto, mengaku harus beradaptasi dengan teknologi pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Sebagai asisten pelatih Shin Tae-Yong, Nova Arianto memang belakangan turut memimpin pemusatan latihan virtual timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 yang bersiap menghadapi Piala Asia U-19 2021 telah melaksanakan training camp (TC) menggunakan aplikasi Zoom sejak 14 Mei lalu.

Baca Juga: Marko Simic Sebut Masih Intens Komunikasi dengan Dua Pilar Timnas Kroasia

Seperti diketahui, persebaran pandemi virus corona atau Covid-19 membuat aktivitas di luar rumah harus dibatasi untuk mengurangi penularan virus.

Dunia sepak bola pun harus menyesuaikan dengan cepat, lantaran aktivitas rutin seperti berlatih di lapangan pun tak boleh lagi dilakukan.

Nova Arianto pun menjelaskan bahwa sepanjang karier sebagai pemain dan pelatih, baru kali ini dirinya harus bersentuhan dengan teknologi.

Baca Juga: Anggota Exco PSSI Sebut Klub Indonesia Miskin Jika Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

"Ya, yang pasti pelajaran baru di dunia kepelatihan karena hampir tidak pernah ada latihan online," Nova dikutip dari Kompas.com.


Editor : Nungki Nugroho
Sumber : Kompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.