Memori Kelam Piala AFF 2012, Nilmaizar: Shin Tae-yong Sekarang Enak, Saya Dulu Minta Pemain Gak Dikasih!

Najmul Ula - Kamis, 15 Desember 2022 | 15:24 WIB
Nilmaizar saat menangani Persela Lamongan.
TB KUMARA/BOLASPORT.COM
Nilmaizar saat menangani Persela Lamongan.

BOLANAS.COM - Nilmaizar menganggap Shin Tae-yong jauh lebih beruntung di Piala AFF 2022, ia berpengalaman memimpin timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Betapa besar perbedaan timnas Indonesia saat mempersiapkan diri menuju Piala AFF saat ditangani Nilmaizar dan Shin Tae-yong.

Nilmaizar saat ini menjadi pelatih Dewa United di Liga 1 2022/23, salah satu tim yang tak ada pemainnya dipanggil timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Nilmaizar tercatat pernah memimpin timnas Indonesia di Piala AFF 2012, saat sepak bola Tanah Air dalam kubangan dualisme kompetisi.

Baca Juga: Level Shin Tae-yong Memang Beda, Jordi Amat Akui Latihan di Timnas Indonesia Berat

Saat itu, Coach Nil ada di "kubu" Liga Primer Indonesia yang dianggap kalah kelas dibanding Liga Super Indonesia.

Nil yang membawa Semen Padang menjuarai Liga Primer Indonesia 2011/12 kemudian ditunjuk untuk menangani timnas Indonesia oleh PSSI (yang tak mengakui Liga Super).

Alhasil, Nil yang saat itu masih berusia 42 tahun terpaksa hanya memanggil pemain dari Liga Primer Indonesia yang "pas-pasan".

Di Piala AFF 2012, timnas Indonesia asuhan Nil tak bisa memanggil pemain bintang seperti Firman Utina, Boaz Solossa, Hamka Hamzah, dkk yang bermain di Liga Super.

Baca Juga: Asnawi Diburu Klub K-League 1, Berarti Dua Pemain Timnas Indonesia Terlibat Saga Transfer di Piala AFF 2022


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.