Dibanding Tahun Lalu, STY Lakukan Satu Perubahan Penting yang Buat Indonesia Lebih Siap Hadapi Vietnam

Najmul Ula - Rabu, 4 Januari 2023 | 09:35 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat memantau para pemainnya berlaga pada Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 29 Desember 2022.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat memantau para pemainnya berlaga pada Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 29 Desember 2022.

BOLANAS.COM - Shin Tae-yong melakukan perubahan taktikal untuk timnas Indonesia, tim Garuda kini berani bermain empat bek menghadapi tim kuat.

Piala AFF 2022 menjadi ajang pembuktian Shin Tae-yong bahwa timnas Indonesia kini bisa bermain solid walau memasang lebih sedikit bek tengah.

Sebelum Piala AFF 2022, timnas Indonesia di tangan Shin Tae-yong dikenal sebagai tim yang kerap mengandalkan tiga bek tengah.

Kini, Shin Tae-yong memberikan statemen bahwa timnas Indonesia sudah naik level sehingga tak perlu lagi menumpuk pemain di belakang.

Baca Juga: Klasemen Akhir Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia Catat Kemenangan Terbesar, Vietnam Masih Nirbobol

Perkembangan taktik dari skema tiga bek menjadi empat bek (cuma dua bek tengah) tersebut bisa terlihat dari Piala AFF 2020 dna Piala AFF 2022.

Di Piala AFF 2020, timnas Indonesia memang mulai memainkan empat bek, tetapi hanya untuk melawan tim kecil seperti Kamboja dan Laos.

Keputusan itu bisa diartikan bahwa Kamboja dan Laos terlalu lemah sehingga Shin Tae-yong cukup memainkan dua bek tengah di depan kiper.

Namun skema tersebut ditanggalkan saat menghadapi tim kuat melawan Vietnam di fase grup, Singapura di semifinal, dan Thailand di babak final.

Baca Juga: Piala AFF 2022 - Kalahkan Myanmar, Vietnam Tantang Timnas Indonesia di Semifinal


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.