Meningkat Signifikan Sejak Kalah 0-4 dari Vietnam, Shin Tae-yong Ubah Indonesia Jadi Selevel Tim Top Asia Tenggara

Najmul Ula - Minggu, 8 Januari 2023 | 04:30 WIB
Skuat timnas Indonesia (skuad timnas Indonesia) tampak sedang melakukan briefing jelang berlaga pada Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 29 Desember 2022.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Skuat timnas Indonesia (skuad timnas Indonesia) tampak sedang melakukan briefing jelang berlaga pada Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 29 Desember 2022.

BOLANAS.COM - Timnas Indonesia kini menjadi tim lebih baik dibanding Thailand dan Vietnam, perkembangan pesat sejak laga debut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong membuktikan tangan dinginnya mengubah timnas Indonesia yang terpuruk menjadi tim yang setara tim top Asia Tenggara.

Perkembangan signifikan timnas Indonesia dapat dilihat di Piala AFF 2022, terutama saat pertandingan melawan Thailand dan Vietnam.

Pada dua laga melawan Thailand dan Vietnam tersebut, timnas Indonesia menjadi tim "pemenang" jika melihat jumlah peluang.

Baca Juga: Soal Pergantian Pemain, Terlihat Shin Tae-yong Benar-benar Tak Lagi Percaya Pemain yang Gurem di Fase Grup

Kondisi itu sangat berbeda dibanding turnamen debut Shin Tae-yong bareng timnas Indonesia, yaitu Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada Juni 2021 silam, Shin Tae-yong melatih skuat Garuda yang tak ditempa kompetisi selama 1,5 tahun.

Selain itu, Indonesia juga sedang menjadi juru kunci grup kualifikasi tersebut dengan tak pernah menang di era Simon McMenemy.

Shin Tae-yong bisa menghadirkan keajaiban dengan menahan imbang Thailand dengan skor 2-2, tetapi rendahnya level Indonesia terlihat pada laga kontra Vietnam.

Baca Juga: Park Hang-seo Sebut Vietnam Lebih Kuat, Padahal Kalah Peluang dan Satu Pemain Harusnya Dikartu Merah


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.