Kiper Liga 1 Terbukti Jadi Penyebab Kekalahan di Piala AFF, Saatnya Buka Opsi Kiper Naturalisasi?

Najmul Ula - Selasa, 10 Januari 2023 | 13:34 WIB
Kiper Panathinaikos, Cyrus Margono, melakukan pertemuan dengan KBRI di Yunani
Indonesiainath
Kiper Panathinaikos, Cyrus Margono, melakukan pertemuan dengan KBRI di Yunani

BOLANAS.COM - Nadeo Argawinata diakui Shin Tae-yong menjadi penyebab kebobolan timnas Indonesia, ada satu kiper keturunan mengajukan diri jadi WNI.

Opsi naturalisasi kiper keturunan perlu diambil setelah melihat performa penjaga gawang timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Nadeo Argawinata menjadi kambing hitam atas gol pertama Vietnam ke gawang Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023).

Pada proses gol tersebut, Nadeo Argawinata berdiam di muka gawang saat seharusnya berlari menjemput bola lambung dari Vietnam.

Baca Juga: Kiper Terbaik Liga 1 Mentok di Level Nadeo, Gol Pertama Vietnam Buktikan Indonesia Tak Punya Sweeper-Keeper

Sesudah laga, Shin Tae-yong mengakui gol tersebut bisa dicegah andai Nadeo lebih berani menyapu bola dan keluar dari sarang.

"Pada gol pertama, kiper kami (Nadeo) tidak melakukan tugasnya dengan baik," sesal Shin dikutip dari Zing News (9/1/2023).

Kesalahan tersebut hampir terulang di babak kedua, hanya kali ini Nadeo dapat mengamankan tembakan striker Vietnam.

Pada laga sebelumnya, Nadeo sejatinya juga menunjukkan tendensi berdiam di garis gawang saat tim lawan melepas umpan ke belakang garis.

Baca Juga: Shin Tae-yong Fokus Piala AFF, Thomas Doll Tak Ada Gangguan Kembangkan Pemain Timnas U-20 di Persija


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.