Pusing Piala Asia U-23 2024 Tak Masuk Kalender FIFA, Erick Thohir Minta Liga 1 Diistirahatkan

dila septi asrining kanastren - Kamis, 21 September 2023 | 12:20 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers Satgas Anti-Mafia Bola di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta, Rabu (20/9/2023).
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers Satgas Anti-Mafia Bola di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

BOLANAS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) agar Liga 1 2023/2024 bisa diberhentikan sementara saat Piala Asia U-23 2024 bergulir.

Ide ini berangkat dari putaran final Piala Asia U-23 2024 yang ternyata tidak termasuk ke kalender resmi FIFA.

Dengan demikian, klub-klub yang masih berkompetisi pun tidak memiliki kewajiban untuk melepas pemainnya seperti kejadian yang sudah-sudah.

Contohnya saat Piala AFF U-23 2023 lalu.

Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong mendapatkan pertentangan dari beberapa klub di Liga 1 yang menolak melepas pemainnya yang dipanggil untuk membela Garuda Muda.

Baca Juga: Selama Pimpin Timnas Indonesia Indra Sjafri Nyaris Catat Win Rate 100% Sepanjang 2023

Tidak hanya Shin Tae-yong, Indra Sjafri yang saat ini memegang timnas U-24 Indonesia sebagai perwakilan di ajang Asian Games 2022 pun mendapatkan perlakuan yang sama.

Namun, Indra Sjafri sempat mengantisipasi hal ini dengan melakukan lobi ke tim-tim di Liga 1.

Meskipun pada akhirnya, tetap saja ada klub yang tidak mau meminjamkan pemainnya, seperti dalam kasus Ramadhan Sananta.

Melihat ini, Ketum PSSI mencari jalan tengah untuk menghindari polemik pemanggilan pemain yang mengakibatkan percikan antara federasi dengan klub.


Editor : Najmul Ula
Sumber : BolaNas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.