Penyebab Irak Hancurkan Indonesia, Semua Gara-gara Nafsu Shin Tae-yong di Babak Kedua

Najmul Ula - Sabtu, 18 November 2023 | 15:00 WIB
Shin Tae-yong di konferensi pers jelang laga Irak Vs Timnas Indonesia di Basra International Stadium, pada Rabu (15/11/2023).
PSSI
Shin Tae-yong di konferensi pers jelang laga Irak Vs Timnas Indonesia di Basra International Stadium, pada Rabu (15/11/2023).

BOLANAS.COM - Shin Tae-yong melakukan perubahan taktik yang berujung blunder, timnas Indonesia seharusnya tak dibantai Irak.

Timnas Indonesia dilumat Irak gara-gara pertahanan bolong pada babak kedua, sesuatu yang sejatinya bisa dicegah Shin Tae-yong.

Indonesia harus menelan kekalahan telak 1-5 dari tuan rumah Irak pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (16/11/2023).

Padahal, tim Garuda menutup babak pertama dengan skor tipis 1-2, dengan gol Shayne Pattynama tercipta di ujung babak.

Namun Shin Tae-yong meninggalkan formasi awal laga dan bernafsu mengejar gol kedua, sehingga justru menimbulkan bencana.

Formasi awal tim Merah Putih pada laga tersebut yaitu 5-3-2, yang membuat Irak hanya bisa melepas satu shot on target.

Selepas turun minum, Shin Tae-yong ingin memanfaatkan momentum gol Pattynama dengan mendorong timnya bermain ofensif.

Formasi 5-3-2 ditanggalkan, berganti menjadi 5-2-3 (atau 3-4-3) seturut masuknya Saddil Ramdani.

Perubahan itu membuat jumlah gelandang berkurang, dari tiga pemain (Marc Klok, Ricky Kambuaya, Adam Alis) menjadi dua pemain (Klok, Arkhan Fikri).

Baca Juga: Dimas Drajad Cedera, Saatnya Shin Tae-yong Mainkan Raja Gol Asia Tenggara Lawan Filipina


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.