Wasit Indonesia Hanya Senyum Cuek saat Diprotes, Wasit Jepang Diskusi Elegan Jika Dirubung Pemain

Najmul Ula - Senin, 11 Desember 2023 | 15:00 WIB
Wasit asing asal Jepang, Yusuke Araki, tampak memimpin laga pekan ke-22 Liga 1 2023 antara Persita Tangerang versus Persikabo 1973 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Minggu (10/12/2023) malam.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Wasit asing asal Jepang, Yusuke Araki, tampak memimpin laga pekan ke-22 Liga 1 2023 antara Persita Tangerang versus Persikabo 1973 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Minggu (10/12/2023) malam.

BOLANAS.COM - Dua wasit Jepang di Liga 1 menunjukkan cara memimpin pertandingan yang baik, wasit Indonesia perlu banyak belajar.

Pekan ke-22 Liga 1 2023/24 menunjukkan para pemain bisa menunjukkan respek kepada wasit dengan kepribadian kuat nan kompeten.

PSSI menugaskan dua wasit asal Jepang pada pekan ini, sebagai upaya teranyar untuk memajukan kualitas sepak bola Indonesia.

Yusuke Araki mengadili pertandingan Persita Tangerang kontra Persikabo 1973, yang berakhir dengan skor 2-1.

Futoshi Nakamura mendapat sorotan lebih besar dengan memimpin laga papan atas Persib Bandung kontra Persik Kediri.

Melihat jalannya pertandingan yang berkesudahan 0-2 untuk kemenangan Persik, Futoshi Nakamura melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Saat Persib dihukum penalti pada awal babak kedua, tak ada pemain yang melakukan protes berlebihan setelah Kevin Ray Mendoza melanggar Renan Silva.

Pelatih Persik Marcelo Rospide menyoroti kualitas Futoshi Nakamura yang mau berdiskusi dengan pemain untuk menjelaskan keputusan.

"Saya pikir wasit ini jadi satu yang terbaik untuk pertandingan dan ini game yang bersih," ujar Rospide dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Berawal Satu Klub di Belanda, Ragnar Oratmangoen Nantikan Reuni dengan Calon Naturalisasi Ini di Timnas Indonesia


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.