Filosofi Bernardo Tavares di PSM Makassar: Ada Masalah Diselesaikan, Jangan Ditinggalkan

Najmul Ula - Senin, 8 Januari 2024 | 19:30 WIB
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers setelah laga pekan pertama Liga 1 2023  di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023) malam.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers setelah laga pekan pertama Liga 1 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023) malam.

BOLANAS.COM - Bernardo Tavares mengungkap lika-liku membesut PSM Makassar yang dipenuhi segudang masalah setelah juara Liga 1.

Bernardo Tavares pantas dibuatkan patung di depan markas PSM Makassar, andai klub tersebut kelak memiliki stadion sendiri.

Pelatih asal Portugal itu menjadi nakhoda yang tak meninggalkan kapal saat PSM dikoyak berbagai problem pada musim ini.

Setelah mengantarkan Pasukan Ramang menjadi juara Liga 1 2022/23, Tavares tak bisa membuat timnya bertahan di papan atas.

Alih-alih, Muhammad Arfan dkk tersengal di Piala AFC dan lebih sering berada di dekat zona degradasi pada Liga 1 musim ini.

Untuk menggambarkan betapa besar jasa Tavares untuk PSM, kita perlu melihat musim sebelum ia datang.

Pada Liga 1 2021/22, PSM mengakhiri musim dengan hanya berjarak dua poin dari tim terakhir di zona merah.

Tavares datang dengan mewarisi skuad papan bawah, bahkan harus mengontrak pemain trial yang sebelumnya tak dikenal di kasta tertinggi.

Namun justru dengan skuad seadanya, pelatih plontos itu memperlihatkan sentuhan emasnya dengan menjadikan PSM sebagai juara.

Baca Juga: Hebatnya Rizky Ridho, Bek 'Lokal' Bertahan di Starting XI dan Singkirkan Justin Hubner ke Lini Tengah


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.