Timnas Senior Tampil Sangat Bagus di Hadapan Kuwait, PSSI Malah Ingin 'Demosi' Shin Tae-yong Jadi Pelatih U-20?

By Najmul Ula, Kamis, 9 Juni 2022 | 13:08 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang mengamati para pemainnya saat bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, 1 Juni 2022.

BOLANAS.COM - PSSI berpotensi mengerdilkan perkembangan timnas Indonesia jika berniat mendemosi Shin Tae-yong menjadi pelatih U-20, timnas senior baru saja mengalahkan Kuwait.

Shin Tae-yong bisa jadi tak akan lama memegang jabatan pelatih timnas Indonesia senior seturut pernyataan kontroversial ketua umum PSSI.

Shin Tae-yong selama ini mengampu tiga pekerjaan sekaligus di timnas Indonesia, yaitu di level U-19, U-23, dan senior.

Saat ini, Shin Tae-yong terpaksa "merelakan" timnas Indonesia U-19 diambil alih Dzenan Radoncic lantaran harus fokus bersama timnas senior di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Klasemen Runner-up Kualifikasi Piala Asia 2023 - Filipina Jadi Tim Terburuk, Indonesia di Ambang Lolos ke Putaran Final

Dzenan Radoncic lantas membalas kepercayaan itu dengan membawa timnas Indonesia U-19 tampil baik di Turnamen Toulon 2022.

Garuda Muda dibawanya meraih kemenangan perdana di turnamen itu saat membungkam Ghana, serta hanya kalah adu penalti dari Aljazair pada play-off peringkat kesembilan.

Bagaimanapun, situasi bentrok jadwal timnas U-19 dan timnas senior di atas tak bisa lagi terulang, dan PSSI berniat meminta Shin Tae-yong fokus pada satu tim.

Akan tetapi, PSSI tampak salah prioritas dengan meminta Shin Tae-yong hanya menjadi pelatih timnas U-19 (tahun depan menjadi U-20).

Baca Juga: Kuwait Tak Sehebat yang Digemborkan, Indonesia Bisa Menang Lebih Telak Andai Witan-Kambuaya Tak Buang Peluang