Shin Tae-yong Kerja Berlebih Latih 3 Timnas, Kim Pan-gon Cuma Dimintai Saran Soal Calon Pelatih Malaysia U-23

By Najmul Ula, Kamis, 21 Juli 2022 | 15:53 WIB
Kim Pan-gon resmi ditunjuk sebagai Pelatih Baru Tim Nasional Malaysia Menggantikan Tan-Cheng Hoe.

BOLANAS.COM - FAM mencari pelatih baru timnas Malaysia U-23 dan membiarkan Kim Pan-gon fokus menangani timnas senior, jauh berbeda dibanding PSSI dan Shin Tae-yong.

PSSI dan FAM tampak memiliki pemahaman berbeda terkait beban kerja pelatih tim nasionalnya, Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon.

FAM belakangan sedang mencari pelatih anyar untuk timnas Malaysia U-23, dengan Kim Pan-gon cuma dilibatkan untuk dimintai saran.

Adapun PSSI sejak akhir 2019 mempekerjakan Shin Tae-yong untuk menangani tiga timnas Indonesia sekaligus (U-19, U-23, dan senior).

Baca Juga: Da Silva Sembuh Tapi Ciro Masih Kesakitan, Persib Belum Bisa Turunkan Duet Impian di Pekan Pembuka Liga 1

PSSI memang sempat menggulirkan isu memfokuskan Shin Tae-yong untuk menangani satu timnas, tetapi secara sembrono malah hendak menggesernya menjadi pelatih timnas U-19.

Rencana itu mendapat gelombang penolakan dari netizen dan tak dilanjutkan setelah Shin Tae-yong membawa timnas senior lolos ke Piala Asia 2023.

Alhasil, Shin Tae-yong "terpaksa" bekerja tiga kali lebih keras dibanding pelatih tim nasional lainnya, paling tidak hingga Piala Dunia U-20 2023.

"PSSI memutuskan Shin Tae-yong untuk memegang tim U-19, U-23, dan timnas senior," demikian pernyataan PSSI di laman resminya (17/6/2022).

Baca Juga: 'Messi Thailand' Bersimpuh di Hadapan Messi Sebenarnya, Rela Tidak Mandi Demi Bertemu Sang Idola