Tiada Hari Tanpa Blunder, PSSI Kerja Sama dengan Jepang Demi Gembleng Wasit Indonesia

Najmul Ula - Senin, 22 Mei 2023 | 15:41 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama jajaran PSSI melakukan penandatanganan MoU kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).
Tangkap Layar Konferensi Pers via Zoom
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama jajaran PSSI melakukan penandatanganan MoU kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

BOLANAS.COM - PSSI mencoba menjawab hujan kritik mengenai wasit Indonesia, mengundang wasit terbaik Jepang untuk menggembleng pengadil Indonesia.

Wasit Indonesia telah menjadi kekurangan terbesar Liga 1 musim lalu, dan PSSI terlihat berusaha memperbaikinya.

PSSI melalui Erick Thohir menandatangani kerja sama dengan federasi sepak bola Jepang (JFA), Senin (22/5/2023).

Terdapat sejumlah poin kerja sama dalam penandatanganan itu, tetapi aspek wasit bakal menjadi yang paling disorot pelaku Liga 1.

Baca Juga: Biang Kegagalan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Israel Merana di Laga Perdana

Musim Lalu, Liga 1 diwarnai blunder berulang korps pengadil, seakan mereka melakukannya tiap hari dan di setiap pertandingan.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, bahkan tetap memprotes kinerja wasit meski timnya menjadi juara.

Juru taktik Persikabo 1973, Aidil Sharin, menyebut Liga 1 memiliki pemain dan pelatih yang berkualitas, tetapi tidak untuk wasit.

Saking seringnya wasit Indonesia melakukan kesalahan, publik curiga kondisi ini terus berlanjut karena mereka tidak memahami (atau up to date) Laws of The Game, bukan karena kealpaan.

Baca Juga: Argentina Resmi Umumkan Tantang Timnas Indonesia 19 Juni 2023, Lionel Messi Auto Trending Twitter


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.