Musim Ketiga di K-League dan Menjelang Debut Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Belum Fasih Bahasa Korea

Najmul Ula - Minggu, 26 Februari 2023 | 12:07 WIB
Bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dikenalkan sebagai pemain baru Jeonnam Dragons.
Bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dikenalkan sebagai pemain baru Jeonnam Dragons.

BOLANAS.COM - Asnawi Mangkualam belum juga fasih berbahasa Korea menjelang debut di Jeonnam Dragons, tak menjadi penghalang untuk bersinar di Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam menunjukkan sedikit perkembangan dalam berbahasa Korea pada musim ketiganya di K-League.

Bek kanan timnas Indonesia itu datang ke Korea Selatan pada awal 2021, dengan bermodalkan sedikit kemampuan bahasa Inggris dan nol bahasa Korea.

Kini di Jeonnam Dragons, Asnawi masih memerlukan translator dan hanya bisa menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Pelatih Sabah FC Bisa Keluarkan Kemampuan Terbaik Saddil Ramdani, Shin Tae-yong Tidak

Asnawi meninggalkan PSM Makassar pada 2021 untuk bergabung Ansan Greeners atas rekomendasi Shin Tae-yong.

Dalam berbagai wawancara awal pada momen itu, Asnawi seringkali terlihat gugup dan bahkan menimbulkan kesulitan di pihak Ansan untuk mencari translator.

Dalam sebuah wawancara pada Maret 2021, Ansan bahkan kelimpungan setelah translator yang ditunjuk tidak datang ke lokasi.

Ansan pada akhirnya mencari penerjemah dadakan, dan pada akhirnya menemukan seorang ibu muda yang tak memahami istilah sepak bola.

Baca Juga: Klub Liga 1 Makin Merugi: Shin Tae-yong Sudah Sangat Mengganggu, Kini Indra Sjafri Berniat Gelar TC Timnas U-22


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.